China Bongkar Habis Kemunafikan dan Standar Ganda AS Soal Gaza

Minggu, 10 Desember 2023 - 00:45 WIB
loading...
China Bongkar Habis Kemunafikan dan Standar Ganda AS Soal Gaza
Wanita Palestina menggendong anaknya setelah serangan Israel di Rafah, Jalur Gaza, 9 Desember 2023. Foto/AP
A A A
BEIJING - China pada Sabtu (9/12/2023) mengatakan langkah Amerika Serikat (AS) memveto resolusi Dewan Keamanan PBB yang menyerukan gencatan senjata kemanusiaan segera di Gaza sangat “mengecewakan dan disesalkan.”

“Sangat mengecewakan dan disesalkan bahwa rancangan resolusi Dewan Keamanan PBB yang menuntut gencatan senjata kemanusiaan segera di Gaza diveto,” tegas Zhang Jun, perwakilan tetap China untuk PBB, di X.

Utusan tersebut mengatakan rancangan resolusi tersebut memiliki hampir 100 sponsor bersama dan China adalah salah satunya.

“Meskipun resolusi tersebut diveto, pandangan masyarakat internasional sangat jelas: gencatan senjata kemanusiaan adalah prioritas utama,” tegas dia, seraya menambahkan, “Kami tidak akan berhenti tetapi terus melakukan upaya kami untuk menyelamatkan nyawa, untuk menegakkan keadilan dan untuk mengejar perdamaian."

Dalam pernyataan terpisah, Zhang mengatakan memaafkan berlanjutnya pertempuran sambil mengaku peduli terhadap kehidupan dan keselamatan orang-orang di Gaza dan kebutuhan kemanusiaan di sana adalah hal yang “kontradiksi”.

“Membiarkan berlanjutnya pertempuran sambil menganjurkan pencegahan meluasnya konflik adalah tindakan yang menipu diri sendiri. Membiarkan berlanjutnya pertempuran sambil tetap menyebutkan perlindungan perempuan dan anak perempuan serta hak asasi manusia adalah tindakan yang sangat munafik. Semua ini sekali lagi menunjukkan bagaimana standar ganda yang ada," tegas dia.



Dia mendesak Israel memperhatikan seruan komunitas internasional dan menghentikan “hukuman kolektif” terhadap orang-orang di Gaza.

“Kami mendukung mediasi diplomatik lebih lanjut untuk mendorong pembebasan dini semua orang yang ditawan. Kami menyerukan kepada semua pihak terkait untuk mengerahkan segala upaya menuju tujuan bersama untuk mengakhiri pertempuran di Gaza, untuk tetap menghidupkan harapan kelangsungan hidup rakyat Palestina, dan menjaga harapan perdamaian di kawasan Timur Tengah tetap hidup,” tegas duta besar China untuk PBB itu.

AS pada Jumat memveto resolusi tersebut, yang diajukan Uni Emirat Arab (UEA) dan didukung lebih dari 90 negara anggota PBB. Ada 13 suara mendukung, sedangkan Inggris abstain.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0998 seconds (0.1#10.140)